1. BAHASA INDONESIA KELAS 9 MTs Materi TEKS DISKUSI
1. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH :
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/GENAP
WAKTU :
2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan
mampu:
-
Menjelaskan pengertian teks
diskusi
-
Memahami teks diskusi
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI ESENSI
|
MODEL/METODE
|
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
3.9
Mengide
ntifikasi
informasi
teks
diskusi
berupa
pendapat
pro dan
kontra
dari
permasa
ahan
aktual
yang
dibaca
dan
didengar
|
3.9.1 Menjelaskan Pengertian teks diskusi
3.9.2 Menganalisis gagasan, pendapat, argumen
yang mendukung dan yang kontra terhadap teks diskusi
|
Fakta
Contoh teks diskusi
Konsep
Pengertian teks diskusi
Prinsip
Mengenali struktur teks Diskusi
Prosedur
Menyusun dan meringkas teks Diskusi
|
Metode Pembelajaran
PendekatanScientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
|
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kamus besar bahasa Indonesia
Internet
Sumber lain yang relevan
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
Mengamati
Siswa mengamati
gambar/foto tentang “Bolehkah Siswa Membawa Gawai ke Madrasah”.
Menanya
-Siswa menulis
berbagai pertanyaan ber
kaitan dengan
konsep dan fakta dari hasil pengamatan
-Siswa
menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain
menjawab atau menanggapi
-Guru memberi
penguatan
Mencari
informasi/data
-Siswa dalam
kelompok mencari informasi/data tentang tesk diskusi.
-Siswa
berdiskusi atas hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara
berkelompok
Menemukan
pengertian teks diskusi, pendapat pro, pendapat kontra.
Mengomunikasikan
Siswa
mempresentasikan laporan sederha
na tentang
membuat argumen pro dan argumen kontra dengan waktu yang ditentukan oleh
guru.
KEGIATAN
PENUTUP
-Guru dan siswa
menyimpulkan
-Guru dan siswa
melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup
dan salam
|
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
|
Jember, 04 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi,
Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.
Eni
Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004
NIP.
197512011999032002
2. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH :
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/GENAP
WAKTU :
2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan
mampu:
-
Menjelaskan struktur teks
diskusi
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI ESENSI
|
MODEL/METODE
|
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
3.10
Menelaah
Pendapat,
Argumen
Yang
Menduk
ng dan
yang
kontra
dlam teks
diskusi
berkaitan
dengan
permasal
han
aktual
yang
dibaca
dan
didengar
|
Menganalisis struktur teks diskusi
|
Fakta
Contoh teks diskusi
Konsep
Pengertian teks diskusi
Prinsip
Mengenali struktur teks Diskusi
Prosedur
Menyusun dan meringkas teks Diskusi
|
Metode Pembelajaran
PendekatanScientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
|
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kamus besar bahasa Indonesia
Internet
Sumber lain yang relevan
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan
keterampilan
KEGIATAN INTI
Mengamati
Siswa mengamati
gambar struktur teks diskusi
Menanya
-Siswa menulis
berbagai pertanyaan berkaitan dengan konsep dan fakta dari hasil pengamatan
-Siswa
menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain
menjawab atau menanggapi
-Guru memberi
penguatan
Mencari
informasi/data
-Siswa dalam
kelompok mencari informasi/data tentang struktur teks diskusi
-Siswa
berdiskusi atas hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara
berkelompok
Menemukan
struktur teks diskusi
Mengomunikasikan
Siswa
mempresentasikan laporan sederhana tentang struktur teks diskusi sebuah teks
diskusi.
KEGIATAN
PENUTUP
-Guru dan siswa
menyimpulkan
-Guru dan siswa
melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup
dan salam
|
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
|
Jember, 05 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi,
Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.
Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004
NIP. 197512011999032002
3. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH :
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/GENAP
WAKTU :
2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan
mampu:
-
Mengidentifikasi unsur
kebahasaan teks diskusi
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI ESENSI
|
MODEL/METODE
|
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
3.10
Menelaah
pendapat,
argumen
yang
mendukung
dan yang
kontra
dalam
teks
diskusi
berkaitan
dengan
permasal
han
aktual
yang
dibaca
dan
didengar
|
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan teks diskusi
|
Fakta
Contoh teks diskusi
Konsep
Pengertian teks diskusi
Prinsip
Mengenali struktur teks Diskusi
Prosedur
Menyusun dan meringkas teks Diskusi
|
Metode Pembelajaran
PendekatanScientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
|
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kamus besar bahasa Indonesia
Internet
Sumber lain yang relevan
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan
keterampilan
KEGIATAN INTI
Mengamati
Peserta didik
dimotivasi untuk memusatkan perhatian pada topik mengindentifikasi unsur
kebahasaan teks diskusi.
Menanya
-Siswa menulis
berbagai pertanyaan berkaitan dengan konsep dan fakta dari hasil pengamatan
-Siswa
menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain
menjawab atau menanggapi
-Guru memberi penguatan
Mencari
informasi/data
-Siswa dalam
kelompok mencari informasi/data tentang unsur kebahsaan teks diskusi.
-Siswa
berdiskusi atas hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara
berkelompok
Menemukan unsur
kebahasaan teks diskusi.
Mengomunikasikan
Siswa
mempresentasikan laporan sederhana tentang unsur kebahsaan teks diskusi dengan
waktu yang ditentukan oleh guru.
KEGIATAN
PENUTUP
-Guru dan siswa
menyimpulkan
-Guru dan siswa
melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup
dan salam
|
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
|
Jember, 06 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi,
Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.
Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004
NIP. 197512011999032002
4. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH :
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/GENAP
WAKTU :
2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
-
Menyusun teks diskusi
secara berkelompok
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI ESENSI
|
MODEL/METODE
|
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
3.10
Menelaah
pendapat,
argumen
yang
mendukung
dan yang
kontra
dalam
teks
diskusi
berkaitan
dengan
permasal
han
aktual
yang
dibaca
dan
didenga
|
Menyusun
teks diskusi secara berkelompok
|
Fakta
Contoh teks diskusi
Konsep
Pengertian teks diskusi
Prinsip
Mengenali struktur teks Diskusi
Prosedur
Menyusun dan meringkas teks Diskusi
|
Metode Pembelajaran
PendekatanScientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
|
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kamus besar bahasa Indonesia
Internet
Sumber lain yang relevan
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan
keterampilan
KEGIATAN INTI
Mengamati
Peserta didik
memfokuskan perhatian pada topik menyusun teks diskusi.
Menanya
-Siswa menulis
berbagai pertanyaan berkaitan dengan konsep dan fakta dari hasil pengamatan
-Siswa
menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain
menjawab atau menanggapi
-Guru memberi
penguatan
Mencari
informasi/data
-Siswa dalam kelompok
mencari informasi/data tentang menyusun teks diskusi.
-Siswa
berdiskusi atas hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara
berkelompok
Menyusun teks
diskusi.
Mengomunikasikan
Siswa
mempresentasikan laporan sederhana tentang teks diskusi dengan waktu yang
ditentukan oleh guru.
KEGIATAN
PENUTUP
-Guru dan siswa
menyimpulkan
-Guru dan siswa
melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup
dan salam
|
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
|
Jember, 11 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi,
Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. Eni
Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004 NIP.
197512011999032002
5. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH :
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/GENAP
WAKTU :
2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan
mampu:
-
Membuat
kesimpulan isi gagasan, pendapat,
argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan
aktual dalam teks diskusi yang didengar
dan dibaca.
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI ESENSI
|
MODEL/METODE
|
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
4 .9
Menyimpulk
an isi
gagasan,
pendapat,
argumen
yang
mendukung
dan yang
kontra serta
solusi atas
permasalaha
n aktual
dalam teks
diskusi yang
didengar
dan dibaca
|
Membuat kesimpulan isi gagasan, pendapat, argumen yang
mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan
dibaca.
|
Fakta
Contoh teks diskusi
Konsep
Pengertian teks diskusi
Prinsip
Mengenali struktur teks Diskusi
Prosedur
Menyusun dan meringkas teks Diskusi
|
Metode Pembelajaran
PendekatanScientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
|
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kamus besar bahasa Indonesia
Internet
Sumber lain yang relevan
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan
keterampilan
KEGIATAN INTI
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi untuk memusatkan perhatian pada topik mengidentifikasi dan
menelaah teks diskusi
Menanya
-Siswa menulis
berbagai pertanyaan berkaitan dengan konsep dan fakta dari hasil pengamatan
-Siswa
menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain
menjawab atau menanggapi
-Guru memberi
penguatan
Mencari
informasi/data
-Siswa dalam
kelompok mencari informasi/data tentang menelaah teks diskusi.
-Siswa
berdiskusi atas hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara
berkelompok
Menelaah teks
diskusi
Mengomunikasikan
Siswa
mempresentasikan laporan sederhana tentangmenelaah teks diskusi dengan waktu
yang ditentukan oleh guru.
KEGIATAN
PENUTUP
-Guru dan siswa
menyimpulkan
-Guru dan siswa
melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup
dan salam
|
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
|
Jember, 13 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi,
Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.
Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004
NIP. 197512011999032002
6. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH :
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/GENAP
WAKTU :
2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan
mampu:
-Membuat kesimpulan isi gagasan, pendapat, argumen yang
mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan
dibaca.
|
||||||
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI ESENSI
|
MODEL/METODE
|
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
4 .9
Menyimpulk
an isi
gagasan,
pendapat,
argumen
yang
mendukung
dan yang
kontra serta
solusi atas
permasalaha
n aktual
dalam teks
diskusi yang
didengar
dan dibaca
|
Membuat kesimpulan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung
dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan
dibaca.
|
Fakta
Contoh teks diskusi
Konsep
Pengertian teks diskusi
Prinsip
Mengenali struktur teks Diskusi
Prosedur
Menyusun dan meringkas teks Diskusi
|
Metode Pembelajaran
PendekatanScientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
|
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kamus besar bahasa Indonesia
Internet
Sumber lain yang relevan
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan
keterampilan
KEGIATAN INTI
Mengamati
Peserta didik
dimotivasi memusatkan perhatian pada topik membuat
kesimpulan dan
solusi atas
permasalahan
dalam teks diskusi
Menanya
-Siswa menulis
berbagai pertanyaan berkaitan dengan konsep dan fakta dari hasil pengamatan
-Siswa
menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain
menjawab atau menanggapi
-Guru memberi
penguatan
Mencari
informasi/data
-Siswa dalam
kelompok mencari informasi/data tentang menyimpulkan
Teks diskusi.
-Siswa
berdiskusi atas hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara
berkelompok
Menemukan cara
membuat simpulan dan menemukan solusi atas permasalahan
Mengomunikasikan
Siswa
mempresentasikan laporan sederhana tentang pembuat simpulan
dan menemukan
solusi atas perma
salahan dengan
waktu yang ditentukan oleh guru.
KEGIATAN
PENUTUP
-Guru dan siswa
menyimpulkan
-Guru dan siswa
melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup
dan salam
|
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
|
Jember, 14 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi,
Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.
Eni
Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004
NIP.
197512011999032002
7. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH :
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/GENAP
WAKTU :
2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan
mampu:
-
Membuat
kesimpulan isi gagasan, pendapat,
argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan
aktual dalam teks diskusi yang didengar
dan dibaca.
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI ESENSI
|
MODEL/METODE
|
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
4 .9
Menyimpulk
an isi
gagasan,
pendapat,
argumen
yang
mendukung
dan yang
kontra serta
solusi atas
permasalaha
n aktual
dalam teks
diskusi yang
didengar
dan dibaca
|
Membuat kesimpulan isi gagasan, pendapat, argumen yang
mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan
dibaca.
|
Fakta
Contoh teks diskusi
Konsep
Pengertian teks diskusi
Prinsip
Mengenali struktur teks Diskusi
Prosedur
Menyusun dan meringkas teks Diskusi
|
Metode Pembelajaran
PendekatanScientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
|
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kamus besar bahasa Indonesia
Internet
Sumber lain yang relevan
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan
keterampilan
KEGIATAN INTI
Mengamati
Peserta didik
dimotivasi memusatkan perhatian pada topik membuat
kesimpulan dan
solusi atas
permasalahan
dalam teks diskusi
Menanya
-Siswa menulis
berbagai pertanyaan berkaitan dengan konsep dan fakta dari hasil pengamatan
-Siswa
menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain
menjawab atau menanggapi
-Guru memberi
penguatan
Mencari
informasi/data
-Siswa dalam
kelompok mencari informasi/data tentang menyimpulkan
Teks diskusi.
-Siswa berdiskusi
atas hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara
berkelompok
Menemukan cara
membuat simpulan dan menemukan solusi atas permasalahan
Mengomunikasikan
Siswa
mempresentasikan laporan sederhana tentang pembuat simpulan
dan menemukan
solusi atas perma
salahan dengan
waktu yang ditentukan oleh guru.
KEGIATAN
PENUTUP
-Guru dan siswa
menyimpulkan
-Guru dan siswa
melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup
dan salam
|
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
|
Jember, 18 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi,
Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.
Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004
NIP. 197512011999032002
8. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH :
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/GENAP
WAKTU :
2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan
mampu:
-
Meringkas
teks diskusi
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI ESENSI
|
MODEL/METODE
|
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
4.10
Menyajikan
gagasan/pe
dapat,
argumen
yang
mendukung
dan yang
kontra serta
solusi atas
permasalah
n aktual
dalam teks
diskusi
dengan
memperhat
kan struktur
dan aspek
kebahasaan,
dan aspek
lisan
(intonasi,
gesture,
pelafalan)
|
Membuat gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas
permasalahan aktual dalam teks diskusi
yang didengar dan dibaca dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
-
Meringkas teks diskusi
|
Fakta
Contoh teks diskusi
Konsep
Pengertian teks diskusi
Prinsip
Mengenali struktur teks Diskusi
Prosedur
Menyusun dan meringkas teks Diskusi
|
Metode Pembelajaran
PendekatanScientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
|
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kamus besar bahasa Indonesia
Internet
Sumber lain yang relevan
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan
keterampilan
KEGIATAN INTI
Mengamati
Peserta didik
dimotivasi untuk memeprhatikan topik meringkas teks diskusi
Menanya
-Siswa menulis
berbagai pertanyaan berkaitan dengan konsep dan fakta dari hasil pengamatan
-Siswa
menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain
menjawab atau menanggapi
-Guru memberi
penguatan
Mencari
informasi/data
-Siswa dalam
kelompok mencari informasi/data tentang meringkas teks diskusi.
-Siswa
berdiskusi atas hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara
berkelompok
Menemukan cara
meringkas
teks diskusi,
Mengomunikasikan
Siswa mempresentasikan
laporan sederhana tentang meringkas teks diskusi dengan waktu yang ditentukan
oleh guru.
KEGIATAN
PENUTUP
-Guru dan siswa
menyimpulkan
-Guru dan siswa
melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup
dan salam
|
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
|
Jember, 20 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi,
Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.
Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004
NIP. 197512011999032002
9. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH :
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/GENAP
WAKTU :
2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan
mampu:
-
Membandingkan
teks diskusi dengan teks eksposisi
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI ESENSI
|
MODEL/METODE
|
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
4.10
Menyajikan
gagasan/pe
dapat,
argumen
yang
mendukung
dan yang
kontra serta
solusi atas
permasalah
n aktual
dalam teks
diskusi
dengan
memperhat
kan struktur
dan aspek
kebahasaan,
dan aspek
lisan
(intonasi,
gesture,
pelafalan)
|
Membuat gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas
permasalahan aktual dalam teks diskusi
yang didengar dan dibaca dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
-
Membandingkan teks diskusi dengan teks eksposisi
|
Fakta
Contoh teks diskusi
Konsep
Pengertian teks diskusi
Prinsip
Mengenali struktur teks Diskusi
Prosedur
Menyusun dan meringkas teks Diskusi
|
Metode Pembelajaran
PendekatanScientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
|
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kamus besar bahasa Indonesia
Internet
Sumber lain yang relevan
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan
keterampilan
KEGIATAN INTI
Mengamati
Peserta didik
mengamati tayangan teks diskusi dan teks eksposisi
Menanya
-Siswa menulis
berbagai pertanyaan berkaitan dengan konsep dan fakta dari hasil pengamatan
-Siswa
menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain
menjawab atau menanggapi
-Guru memberi
penguatan
Mencari
informasi/data
-Siswa dalam
kelompok mencari informasi/data tentang membanding
kan teks diskusi dengan eksposisi
-Siswa
berdiskusi atas hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara
berkelompok
Menemukan cara
meringkas
teks diskusi,
Mengomunikasikan
Siswa mempresentasikan
laporan sederhana tentang membandingkan
teks diskusi
dengan waktu yang
ditentukan oleh
guru.
KEGIATAN
PENUTUP
-Guru dan siswa
menyimpulkan
-Guru dan siswa
melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup
dan salam
|
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
|
Jember, 21 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi,
Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.
Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004
NIP. 197512011999032002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar