Halaman

Translate

Jumat, 03 Januari 2020

RPP 2 LEMBAR BAHASA INDONESIA MTs KELAS VII/GENAP MATERI BUKU FIKSI/NONFIKSI


RPP 2 LEMBAR MENGACU KEPUTUSAN DIREKTUR JE;NDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 5164 TAHUN 20 18
 1.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.9
Menemukan
unsur-unsur
dari buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca




4.9
Membuat
peta pikiran/
rangkuman
alur tentang
isi buku
nonfiksi/
buku fiksi
yang dibaca

Menentukan unsur-unsur buku fiksi.




Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan.

Pengetahuan
Contoh unsur-unsur buku fiksi



Keterampilan
Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan

Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
Siswa diminta memilih hasil bacaan dari buku fiksi yang telah diinstruksikan sebelumnya.
Siswa membaca lagi buku yang dibawa secara garis besar. Siswa mengecek unsur-unsur buku yang pernah dibaca.
Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengubah data hasil bacaan menjadi rangkuman berupa peta pikiran atau rangkuman gagasan pokok.
Siswa membaca secara individu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang cara merangkum.
Siswa menyimpulkan langkah merangkum dengan peta pikiran dan gagasan utama.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 02 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002



2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.9
Menemukan
unsur-unsur
dari buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca




4.9
Membuat
peta pikiran/
rangkuman
alur tentang
isi buku
nonfiksi/
buku fiksi
yang dibaca

Menentukan unsur-unsur buku fiksi.




Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku

Pengetahuan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Keterampilan
Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku

Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
Siswa diminta memilih hasil bacaan dari buku fiksi yang diinstruksikan sebelumnya.
Siswa membaca lagi buku yang dibawa secara garis besar. Siswa mengecek unsur-unsur buku yang pernah dibaca.
Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengubah data hasil bacaan menjadi rangkuman berupa rangkuman gagasan pokok.
Siswa membaca secara individu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang cara merangkum.
Siswa menyimpulkan langkah merangkum dengan gagasan utama.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 04 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002





3.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.9
Menemukan
unsur-unsur
dari buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca




4.9
Membuat
peta pikiran/
rangkuman
alur tentang
isi buku
nonfiksi/
buku fiksi
yang dibaca

Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi.




Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku.

Pengetahuan
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi


Keterampilan
Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku

Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
Siswa diminta memilih hasil bacaan dari buku nonfiksi yang diisntruksikan sebelumnya.
Siswa membaca lagi buku yang dibawa secara garis besar. Siswa mengecek unsur-unsur buku yang pernah dibaca.
Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengubah data hasil bacaan menjadi rangkuman berupa peta pikiran atau rangkuman gagasan pokok.
Siswa membaca secara individu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang cara merangkum.
Siswa menyimpulkan langkah merangkum dengan peta pikiran dan gagasan utama.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 09 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002




4.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.9
Menemukan
unsur-unsur
dari buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca




4.9
Membuat
peta pikiran/
rangkuman
alur tentang
isi buku
nonfiksi/
buku fiksi
yang dibaca

Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi.



Merangkum perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi.

Pengetahuan
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi


Keterampilan
Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi

Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
Siswa diminta memilih hasil bacaan dari buku nonfiksi yang dilakukan sebelumnya.
Siswa membaca lagi buku yang dibawa secara garis besar. Siswa mengecek unsur-unsur buku yang pernah dibaca.
Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengubah data hasil bacaan menjadi rangkuman berupa peta pikiran atau rangkuman gagasan pokok.
Siswa membaca secara individu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang cara merangkum.
Siswa menyimpulkan langkah merangkum dengan peta pikiran dan gagasan utama.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 10 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002




5.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.9
Menemukan
unsur-unsur
dari buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca




4.9
Membuat
peta pikiran/
rangkuman
alur tentang
isi buku
nonfiksi/
buku fiksi
yang dibaca

Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi.



Merangkum perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi.

Pengetahuan
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi


Keterampilan
Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi

Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
Siswa diminta memilih hasil bacaan dari buku nonfiksi yang dilakukan sebelumnya.
Siswa membaca lagi buku yang dibawa secara garis besar. Siswa mengecek unsur-unsur buku yang pernah dibaca.
Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengubah data hasil bacaan menjadi rangkuman berupa peta pikiran atau rangkuman gagasan pokok.
Siswa membaca secara individu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang cara merangkum.
Siswa menyimpulkan langkah merangkum dengan peta pikiran dan gagasan utama.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 11 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002




6.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.10
Menelaah
Hubungan
unsur-unsur
dalam buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca



4.10
Menyajikan
Tanggapan
secara lisan,
tulis, dan
visual
terhadap isi
buku fiksi
dan nonfiksi
yang dibaca.
  • Menelaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari.


.
  • Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca.


--Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi








-Mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi
Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
  1. Siswa membaca lagi catatan hasil membaca dan rangkuman yang dibuat.
  2. Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengomentari buku fiksi dan nonfiksi.
  3. Siswa membaca secara individu untuk menggali nformasi sebanyak-banyaknya tentang cara membuat komentar.
  4. Siswa membaca beragam contoh komentar terhadap buku nonfiksi.
  5. Siswa menyimpulkan unsur-unsur yang dapat dikomentari pada buku.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 16 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002







7.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.10
Menelaah
Hubungan
unsur-unsur
dalam buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca



4.10
Menyajikan
Tanggapan
secara lisan,
tulis, dan
visual
terhadap isi
buku fiksi
dan nonfiksi
yang dibaca.
Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari.




Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca
-Membaca dan menggali unsur pembangun nonfiksi







-Mengamati dan membuat komentar terhadap buku nonfiksi
Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
  1. Siswa membaca lagi catatan hasil membaca dan rangkuman yang dibuat.
  2. Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengomentari buku fiksi dan nonfiksi.
  3. Siswa membaca secara individu untuk menggali nformasi sebanyak-banyaknya tentang cara membuat komentar.
  4. Siswa membaca beragam contoh komentar terhadap buku nonfiksi.
  5. Siswa menyimpulkan unsur-unsur yang dapat dikomentari pada buku.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 17 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002





8.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.10
Menelaah
Hubungan
unsur-unsur
dalam buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca



4.10
Menyajikan
Tanggapan
secara lisan,
tulis, dan
visual
terhadap isi
buku fiksi
dan nonfiksi
yang dibaca.
Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku fiksi dan nonfiksi



Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca



-Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi







-Mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi

Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
  1. Siswa membaca lagi catatan hasil membaca dan rangkuman yang dibuat.
  2. Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengomentari buku fiksi.
  3. Siswa membaca secara individu untuk menggali nformasi sebanyak-banyaknya tentang cara membuat komentar.
  4. Siswa membaca beragam contoh komentar terhadap buku fiksi.
  5. Siswa menyimpulkan unsur-unsur yang dapat dikomentari pada buku.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 18 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002







9.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.10
Menelaah
Hubungan
unsur-unsur
dalam buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca



4.10
Menyajikan
Tanggapan
secara lisan,
tulis, dan
visual
terhadap isi
buku fiksi
dan nonfiksi
yang dibaca.
Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku fiksi dan nonfiksi



Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca



-Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi
-Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi

Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
  1. Siswa membaca lagi catatan hasil membaca dan rangkuman yang dibuat.
  2. Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengomentari buku nonfiksi.
  3. Siswa membaca secara individu untuk menggali nformasi sebanyak-banyaknya tentang cara membuat komentar.
  4. Siswa membaca beragam contoh komentar terhadap buku nonfiksi.
  5. Siswa menyimpulkan unsur-unsur yang dapat dikomentari pada buku.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 23 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002






10.                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.10
Menelaah
Hubungan
unsur-unsur
dalam buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca



4.10
Menyajikan
Tanggapan
secara lisan,
tulis, dan
visual
terhadap isi
buku fiksi
dan nonfiksi
yang dibaca.
Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku fiksi dan nonfiksi



Membuat komentar tentang buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca



-Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi

Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
  1. Siswa membaca lagi catatan hasil membaca dan rangkuman yang dibuat.
  2. Siswa didorong untuk bertanya tentang cara mengomentari buku fiksi dan nonfiksi.
  3. Siswa membaca secara individu untuk menggali nformasi sebanyak-banyaknya tentang cara membuat komentar.
  4. Siswa membaca beragam contoh komentar terhadap buku nonfiksi.
  5. Siswa menyimpulkan unsur-unsur yang dapat dikomentari pada buku.
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 24 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  NAMA MADRASAH       : MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER
  MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA
  KELAS/SEMESTER           : VII/GENAP
  WAKTU                              : 2X40’
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu:
Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi; merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi; menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi; mengamati dan membuat komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi.
KD
INDIKATOR
MATERI ESENSI
MODEL/METODE
MEDIA DAN SUMBER BAHAN
KEG. PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.9
Menemukan
unsur-unsur
dari buku
fiksi dan
nonfiksi
yang dibaca




4.9
Membuat
peta pikiran/
rangkuman
alur tentang
isi buku
nonfiksi/
buku fiksi
yang dibaca

Menentukan unsur-unsur buku fiksi.
Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi.
Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi.
Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan.
Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku.
Perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi.

-Membaca dan menggali unsur pembangun buku fiksi dan nonfiksi
-Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi

Model
Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah
Metode
Ceramah, dialog, diskusi, dan penugasan
Media/alat  
Buku Fiksi dan Nonfiksi, LCD projector, laptop
Bahan
Contoh unsur-unsur buku fiksi
Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d. 294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.

KEGIATAN PENDAHULUAN
-Salam dan doa
-Apersepsi
Kesepakatan/komitmen belajar antara guru dan siswa
-Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
-Pretes
-Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu: aspek pengetahuan dan keterampilan
KEGIATAN INTI
Guru memfasilitasi kegiatan pengamatan dan membagi kelompok kecil (3-4 siswa/kelompok)
Mengamati
Siswa membaca teks tentang pengertian ...
Siswa yang lain menyimak teks yang dibacakan oleh siswa
Siswa melihat...
Menanya
-Siswa menulis berbagai pertanyaan berkaitan dengan konsep dan faktadari hasil pengamatan
-Siswa menanyakan sesuai yang ditulis
-Siswa lain menjawab atau menanggapi
-Guru memberi penguatan
Mencari informasi/data
-Siswa dalam kelompok mencari informasi/data tentang ...
-Siswa berdiskusi ats hasil mencari informasi/data tersebut dengan tertib.
Menalar
-Siswa secara berkelompok menentukan...
-Siswa secara kelompok menyimpulkan keterkaitan ...
Mengomunikasikan
Siswa mempresentasikan laporan sederhana dengan waktu yang ditentukan guru
KEGIATAN PENUTUP
-Guru dan siswa menyimpulkan
-Guru dan siswa melakukan refeksi, penugasan, dan materi berikutnya
-Doa penutup dan salam
Nontes:
Sikap, melalui:
Observasi/pengamatan
Tes:
Pengetahuan (kartu soal)
-jawaban singkat;
-pilihan berganda
Unjuk kerja:
-Laporan sederhana yang dipresentasikan
Jember, 02 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                                                                                                                                                         Guru Bidang Studi,


Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                                                            Eni Siti Nurhayati, S.Pd.
NIP.197108081999031004                                                                                                                                                                                        NIP. 197512011999032002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar